Kamis, 07 Januari 2016

PEMANFAATAN PRODUK TEKNOLOGI DI DUNIA PENDIDIKAN

Diposting oleh Unknown di 03.11
A.    Pemanfaatan Produk Teknologi dalam Dunia Pendidikan
Teknologi pendidikan telah mempunyai berbagai macam produk berupa media, dan hasil pengembangan produk tersebut berupa teknologi cetak, teknologi audiovisual, teknologi berbasis komputer dan teknologi terpadu yang dapat dimanfaatkan atau diterapkan dalam proses pembelajaran. Setelah itu dikelola sebaik mungkin dan kemudian dievaluasi apakah penerapan media tersebut efektif atau tidak. Jika tidak, maka dilakukan perbaikan dan seterusnya mengikuti sesuai perkembangan zaman.
Macam-macam produk teknologi pendidikan yaitu media-media yang dapat digunakan dalam membantu keefektifan belajar siswa. Media-media tersebut adalah sebagai berikut:
a.       Media berbasis manusia
Media berbasis manusia mengajukan dua teknik yang efektif, yaitu rancangan yang berpusat pada masalah dan bertanya ala Socrates. Rancangan pembelajaran yang berpusat pada masalah, dibangun berdasarkan masalah yang harus dipecahkan oleh pelajar. Adapun mengenai teknik bertanya ala Socrates, penekanannya adalah pada penjelasan konsep-konsep dan gagasan-gagasan melalui penggunaan pertanyaan-pertanyaan pancingan. Sebagai suatu teknik pembelajaran, ia harus dipikirkan dan ditata dengan baik.
b.      Media teknologi cetak
Teknologi Cetak adalah cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi, seperti buku dan materi visual statis terutama melalui proses percetakan mekanis atau photografis. Kelompok media hasil teknologi cetak antara lain: buku pelajaran, buku teks, buku penuntun, majalah, jurnal, dll.

c.       Media teknologi visual
Media berbasis visual (image) memegang peran yang sangat penting dalalm proses belajar. Media visual dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan. Bentuk visual dapat berupa: gambar, lukisan atau foto (yang menunjukkan bagaimana tampaknya sesuatu benda), diagram (yang melukiskan hubungan-hubungan konsep, organisasi, dan struktur isi materi), peta (yang menunjukkan hubungan-hubungan ruang diantara unsur-unsur dalan isi materi),
grafik seperti tabel, grafik, dan chart atau bagan (yang menyajikan gambar/kecenderungan data atau antar hubungan seperangkat gambar atau angka- angka).
d.      Media teknologi audio-visual
Cara menyampaikan materi dengan menggunakan mesin-mesin mekanis dan elektronis untuk menyajikan pesan-pesan audio visual. Penyajian pengajaran secara audio visual jelas bercirikan pemakaian perangkat keras selama proses pembelajaran seperti: mesin proyektor film, tape recorder, proyektor visual yang lebar.
e.       Media teknologi yang berdasarkan komputer
Teknologi berbasis komputer merupakan cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber yang berbasis micro-prosesor. Berbagai aplikasi teknologi berbasis komputer dalam pembelajaran umumnya dikenal sebagai computer assisted intruction. Aplikasi tersebut apabila dilihat dari cara penyajian dan tujuan yang ingin dicapai meliputi tutorial, penyajian materi secara bertahap, drills and practice (latihan untuk membantu siswa menguasai materi yang telah dipelajari sebelumnya), permainan dan simulasi (latihan untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang baru dipelajari dari, dan basis data sumber yang dapat membantu siswa menambah informasi dan pengetahuan sesuai dengan keinginan masing-masing).
Jadi, manfaat yang  diperoleh dalam penggunaan produk teknologi pendidikan pada proses belajar mengajar bisa disimpulkan antara lain:
1.      Media mampu memberikan rangsangan yang bervariasi kepada otak kita, sehingga otak kita dapat berfungsi secara optimal.
2.      Dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh siswa.
3.      Dapat melampaui batas ruang kelas.
4.      Memungkinkan adanya interaksi langsung antara mahasiswa dan lingkungannya.
5.      Menghasilkan keseragaman pengamatan.
6.      Membangkitkan keinginan dan minat baru.
7.      Membangkitkan motivasi dan merangsang untuk belajar.
8.      Memberikan pengalaman yang integral atau menyeluruh dari suatu yang kongkret maupun yang abstrak.
9.      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar mandiri pada tempat dan waktu serta kecepatan yang ditemukan sendiri.
10.  Meningkatkan kemampuan keterbacaan baru yaitu kemampuan untuk membedakan dan menafsirkan objek, tindakan dan lambang.
11.  Mampu meningkatkan efek sosialisasi yaitu dengan kesadaran akan dunia sekitar.

12.  Dapat meningkatkan kemampuan ekspresi diri guru maupun siswa.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Teknologi Pendidikan Bahasa Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea