Kamis, 07 Januari 2016

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIP CHART, POSTER, DAN BERBASIS IT

Diposting oleh Unknown di 02.49
1.      Penerapan Media Pembelajaran Flip Chart, Poster dan Berbasis IT
a.      Flip Chart
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya pada subbab yang khusus membahas tentang flip chart, penerapan media flip chart dalam pembelajaran dapat dilihat pada gambar berikut ini:
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgsqTVdDwlxsD9N60ZbVjEmi5yRtDEIeivTgg2oDMeuJVwQwidAMhz9Mo8YWP65YlZRJyujbu8uQ2Jf1eGM9PjH_ikyeUCSHSCEsav9D9zixbzX6pqAnb_pImnFe-hWhRXF_1AE7MXv8Ik/s1600/flipchart1.jpg
Dalam gambar tersebut terlihat, bahwa materi yang disampaikan dalam bentuk diagram berpanah, layaknya slide power point yang disajikan dalam bentuk visual nyata tidak berbentuk digital dalam komputer.
b.      Poster
Sama halnya dengan flip chart, penerapan poster dalam pembelajaran disajikan pada gambar berikut ini:
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjl4C7as83Qv1RoZ0L-HWcKugFTRBGDVj3tQX0awitIeqiUnEYF3yIdWenCQqDhvNSWtWT0itzivhW62NyS58GLVacPVl1XGZQ6PoAi_ka7fZM67qQj_itHzhyphenhyphenx1gJAJ_iGa8aGTVN60iM/s1600/poster+1.jpg
Description: F:\PICTURE\poster pendidikan.jpg
c.       Media Pembelajaran Berbasis IT
Menurut Muslim penerapan teknologi informasi dalam pendidikan memungkinkan terciptanya sistem pembelajaran elektronik, adapun pengaplikasiannya dalam bentuk sebagai berikut: e-Learning, Distance Learning, penggunaan perangkat informasi interaktif (CD-ROM) bahkan diprediksi akan adanya virtual school hingga virtual university.
1.      E-Learning
Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka. Sebagai contoh kita melihat di Prancis proyek “ flexible learning”.

2.      Distance Learning (on line)
Pendidikan jarak jauh adalah sekumpulan metode pengajaran dimana aktivitas pengajaran dilaksanakan secara terpisah dari aktivitas belajar.Pemisah kedua kegiatan tersebut dapat berupa jarak fisik, misalnya karena peserta ajar bertempat tinggal jauh dari lokasi institusi pendidikan. Pemisah dapat pula jarak non-fisik yaitu berupa keadaan yang memaksa seseorang yang tempat tinggalnya dekat dari lokasi intitusi pendidikan namuin tidak dapat  mengikuti kegiatan pembelajaran intistusi tersebut.

3.      Penggunaan Perangkat Informasi Interaktif (CD-ROM)
CD ROM (Read Only Memory) merupakan satu-satunya dari beberapa kemungkinan yang dapat menyatukan suara, video, teks, dan program dalam CD (Tim Medikomp, 1994). Internet dan media interaktif berbasis animasi merupakan wujud teknologi informasi yang telah memasyarakat dalam dunia pendidikan. Teknologi CD ROOM menjadi bagian tak terpisahkan dari komputer. Teknologi ini memungkinkan kita menyimpan dan me-retrieve informasi yang tersimpan dalam kepingan CD (compact disk), khusunya sistem basis data elektronik dan perangkat lunak multimedia dengan demikian teknologi ini hadir di dalam dunia pendidikan karena potensinya sebagai perpustakaan dan multimedia interaktif yang mempunyai banyak keunggulan daripada media konvensional.

4.      Virtual School dan Virtual University

Virtual university merupakan sebuah aplikasi bari bagi internet. Virtual university memiliki karakteristik yang scalable, yaitu dapat menyediakan pendidikan yang di akses oleh orang banyak. Jika pendidikan hanya dilakukan dalam kelas biasa, berapa jumlah orang yang dapat ikut serta dalam satu kelas? jumlah peserta mungkin hanya dapat diisi 40, 50 rang. Vitrual university dapat di akses oleh siapa saja. Penyedia layanaan virtual university ini adalah www.ibuteledukasi.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Teknologi Pendidikan Bahasa Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea